LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. H. SYA'ARI, MP
NIP. 19600816 198601 1 001

SMPN 2 Dumai Percontohan Sekolah Siaga Kependudukan Riau
Ditulis oleh : Admin - Bidang :

19 September 2017 - 15:09:52 WIB

DUMAI KOTA - SMP Negeri 2 Dumai diresmikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau jadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan percontohan melaksanakan integrasi program kependudukan dalam dunia pendidikan.

Perwakilan BKKBN Provinsi Riau H Yenrizal Makmur mengatakan, program SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana dalam mata pelajaran yang di dalamnya terdapat pojok kependudukan (population corner) sebagai salah satu sumber peserta didik dalam upaya pembentukan generasi berencana.

Pelaksanaan di sekolah dimulai dengan pengintegrasian pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam mata pelajaran yang relevan seperti geografi, sosiologi, ekonomi, biologi, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan serta bimbingan konseling.

Tujuan program ini, yaitu, memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal siswa, menumbuhkan sikap bertanggungjawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan dan mengembangkan sikap tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah kependudukan kelak menjadi dewasa.

"Program ini baru kita luncurkan dan SMP Negeri 2 Dumai merupakan yang pertama di Provinsi Riau," katanya kepada wartawan. 

Dilanjutkan, Yenrizal sesungguhnya masa depan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga terletak pada generasi muda. 

Karena itu harus diberikan pemahaman yang baik terhadap masalah kependudukan berpengaruh langsung terhadap laju pertumbuhan penduduk maupun angka fertilitas di kemudian hari. Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) hadir membawa misi pembangunan kependudukan masa depan.

"Diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik khususnya pada bidang kependudukan dan siap menghadapi tantangan yang cukup berat dimasa akan datang," katanya.

Sementara, Kepala SMP Negeri 2 Dumai Dra Hj Rosmawati MPd mengapresiasi program diluncurkan pemerintah tersebut dan berharap pelajar semangat dan termotivasi menjalankan amanah.

"Mudah-mudahan anak-anak SMP Negeri 2 ini bisa lebih bersemangat sehingga amanah ini tidak jadi sia-sia dan bisa jadi pelopor, panutan dalam menyukseskan program Sekolah Siaga Kependudukan sebagai program pemerintah," ujarnya.

Peresmian SMPN 2 jadi SSK ini dilasanakan usai pelantikan pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan kota Dumai di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjug pada Rabu (13/9).

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung SSK oleh Ketua Koalisi Kependudukan dan Pembangunan kota Dumai Hj Haslinar Zulkifli As, dilanjutkan penandatangan perjanjian kerjasama pembinaan SSK dan KB dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai Drs H Sya'ari MP. (**)

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Kurikulum 2013 yang akan dicanangkan pada tahun ajaran mendatang?
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 222004 kali