LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. H. SYA'ARI, MP
NIP. 19600816 198601 1 001

Tingkatkan Kompentensi Guru, Disdikbud Dumai Gelar Pengembangan Berkelanjutan
Ditulis oleh : Admin - Bidang :

28 Oktober 2017 - 13:29:18 WIB

DUMAI KOTA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai menggelar pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk guru kelas tingkat SD yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru atau KKG se-Kota Dumai, Jumat (27/10) di Aula Disdikbud Dumai, Jalan Tanjung Jati.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk pemetaan sekaligus meningkatkan kompetensi guru untuk memperbaiki capaian rapor Uji Kompetensi Guru atau UKG sehingga mampu mencapai skor KCM yang ditetapkan pemerintah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Drs H Sya'ari MP menjelaskan  pada tahun 2015, Pemerintah melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dikuti oleh seluruh guru di Indonesia. Target ketercapaian kompetensi pada tahun tersebut adalah 55.

"Tahun ini, skor KCM guru meningkat menjadi 65. Untuk memperbaiki skor UKG yang berada di bawah KCM Pemerintah menyelenggarakan kegiatan yang dinamakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) berbasis komunitas KKG untuk guru SD dan MGMP untuk guru SMP," terang Syaa'ari.

Lanjut dia, tujuan dari pelatihan PKB ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi baik pedagogik maupun profesional.

Bagi guru yang memperoleh skor di bawah 55, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Guru Pembelajar. Adapun kegiatan Guru Pembelajar yang dapat dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu moda tatap muka atau in On in, moda dalam jejaring (daring) murni, dan moda daring kombinasi. Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan dapat dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Nasional.

"Diharapkan, seluruh guru yang mendapatkan kesempatan mengikuti Diklat PKB  memanfaatkan sebaik baiknya kesempatan tersebut guna memperbaiki capaian rapor UKG sehingga mampu mencapai skor KCM yang ditetapkan oleh pemerintah," harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Kadisdikbud Sya'ari juga berharap, kegiatan ini tetap berlanjut sehingga seluruh guru di Dumai mendapat kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensinya.

Diketahui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  dikembangkan Ditjen GTK dirancang berdasarkan Standar Kompetensi Guru (SKG) yang mengacu pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam SKG dikembangkan peta kompetensi guru yang dibagi menjadi 10 kelompok kompetensi. Selanjutnya, dari 10 kelompok kompetensi dikembangkan kisi-kisi soal UKG, dan untuk masing-masing kelompok kompetensi dikembangkan juga modul.

Hasil UKG menjadi acuan dalam penilaian diri (Self Assessment) bagi guru tentang kompetensinya sehingga dapat menetapkan modul kelompok kompetensi mana yang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensinya dan menjadi acuan bagi penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk melakukan analisis kebutuhan. ***

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Kurikulum 2013 yang akan dicanangkan pada tahun ajaran mendatang?
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 261860 kali